Selasa, 24 Januari 2017

Cerita Manajemen Sumberdaya Lahan IPB

Tentang MSL:
Manajemen Sumberdaya Lahan (MSL) atau biasa dikenal dengan sebutan Ilmu Tanah adalah salah satu program study di Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB). MSL juga merupakan program study tertua di IPB dengan akreditasi A. Dosen-dosen MSL sangatlah berkompeten, berprestasi, dan memiliki pengalaman lapang yang sudah tidak diragukan lagi. MSL memiliki fasilitas laboratorium yang cukup lengkap dan memiliki lahan yang biasa digunakan untuk praktikum.

Apa saja yang dipelajari?
MSL mencakup semua bidang yaitu kimia, biologi, fisika. Berikut adalah mata kuliah yang akan dipelajari di MSL :
·         Pengantar Kimia Tanah
·         Pengantar Fisika Tanah
·         Dasar-dasar Ilmu Tanah
·         Analisis Tanah
·         Agrogeologi
·         Penginderaan Jauh dan Interpretasi Citra
·         Kimia Tanah
·         Fisika Tanah
·         Biologi Tanah
·         Geomorfologi dan Analisis Lanskap
·         Pengantar Agraria dan Kadaster
·         Morfologi dan Klasifikasi Tanah
·         Kesuburan Tanah
·         Pengelolaan Air
·         Bioteknologi Tanah
·         Survei dan Evaluasi Sumberdaya Lahan
·         Manajemen dan Teknologi Pupuk
·         Konservasi Tanah
·         Sistem Informasi Geografis dan Kartografi
·         Perencanaan Pengembangan Wilayah
·         Pengelolaan Tanah
·         Geografi Tanah Indonesia
·         Perencanaan Tata Ruang dan Penatagunaan Lahan

Bagian-bagian MSL
MSL terbagi menjadi 6 bagian yang dikhususkan ketika kita mulai mengerjakan tugas akhir kuliah atau skripsi. Adapun bagian-bagiannya adalah:
·         Pengembangan Sumberdaya Fisik Lahan
·         Kimia dan Kesuburan Tanah
·         Bioteknologi Tanah
·         Konservasi Tanah dan Air
·         Penginderaan Jauh dan Informasi Spasial
·         Perencanaan dan Pengembangan Wilayah

Peluang Kerja
Lulusan MSL dapat bekerja di Bidang Pertanian, Badan Pertanahan, Perkebunan, Surveyor Tanah, Peneliti, Departemen Lingkungan Hidup, Departemen Pertanian, Departemen Kehutanan, Pertambangan, Perusahaan Swasta, dosen/staf pengajar, dll.

Pengalaman menjadi mahasiswa MSL
Sebelumnya saya adalah mahasiswa MSL angkatan 2011 dan lulus di bulan Mei 2016, jadi hampir sekitar 4,5 tahun saya menimba ilmu di sini. Saya diterima masuk MSL melalui SNMPTN Undangan (melihat nilai rapor SMA). Banyak sekali pertanyaan tentang ini ke saya. Saya memiliki rata-rata nilai rapor sekitar 80an dari seluruh semester. Kalau yang saya tau untuk bisa lolos harus memiliki nilai rata-rata yang cukup baik dan setiap semesternya harus meningkat ataupun sama. Asalkan tidak menurun terlalu banyak. Jadi buat kamu yang memiliki nilai rapor cukup baik dan selalu meningkat di setiap semesternya silahkan mencoba untuk jalur ini. Ini berlaku untuk semua program study yang ada di IPB.

Menurut saya belajar di MSL adalah susah-susah gampang karena di sini mempelajari banyak bidang mulai dari kimia, fisika, biologi, bahkan geografi. Jadi saya sarankan buat kamu yang ingin memilih MSL harus punya bekal yang cukup di bidang itu, hehee. Karena kalau kamu misalnya lemah di bidang itu takutnya akan keteteran ketika perkuliahan kecuali kamu adalah orang yang mau belajar dan tidak mudah menyerah.

MSL memiliki 2 macam praktikum yaitu praktikum lapang dan praktikum laboratorium. Untuk praktikum lapang, kamu akan dibawa ke tempat di mana kamu bisa melihat jenis-jenis tanah. Kamu bisa melihat itu semua di daerah gunung dan hutan. Jadi sembari praktikum kamu bisa jalan-jalan dan berpetualangan di sini. Selain itu kamu juga bisa merasakan bagaimana rasanya menanam jagung dan kacang di lahan dari tahap awal nanam sampai panen.  Oia di akhir-akhir semester akan ada field trip di mana kita akan jalan-jalan di luar Bogor selama beberapa hari. Waktu itu angkatan saya field trip di Lampung. Kebayang dong serunya satu angkatan jalan-jalan ke Lampung bersama dosen-dosen tentunya. Untuk praktikum laboratorium kamu akan mengenal alat-alat canggih di sini dan kamu akan bermain zat-zat kimia. Karena MSL lebih banyak praktikum, tentunya kamu akan sering-sering membuat laporan hasil praktikum. Jadi siap-siap untuk begadang membuat laporan karena bukan mahasiswa namanya kalau belum merasakan begadang membuat laporan praktikum.

Mungkin itu saja pengalaman yang dapat saya berikan. Semangat buat kamu yang ingin memilih MSL. Semoga bisa diterima dan sukses sampai lulus. Kalau masih ada pertanyaan silahkan tanya saja ke kontak yang ada di bio.





Share:

11 komentar:

  1. halo kakk salam kenaal,
    sekarang kerja dimana kak? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Dien.
      Alhamdulillah sekarang aku kerja di BPN.

      Hapus
    2. Haloo kak sekarang dimana? Maafnya aku kepo hehe

      Hapus
  2. apakah mungkin anak ips masuk jurusan ini kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja, tapi nanti kalo sudah diterima di jurusan ini, kamu akan lebih banyak belajar tentang IPA nantinya

      Hapus
    2. Inilah yg kuragukan ngambil jurusan ini kak😢

      Hapus
  3. Assalamualaikum kak, tips dong kak supaya bisa masuk ke fakultas ini

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum kak ingin tanya untuk pelayanan masyarakat perihal penelitian pribadi boleh dilakukan di MSL?

    BalasHapus
  5. Kak mau nanya ,kalau rata2 nilai rapornya ada yg turun tp cuman 0,5 itu kira2 bisa keterima snmptn gk ya?

    BalasHapus
  6. Kak kalo MSL itu kan bisa kerja di bidang pertambangan,kira kira kerjanya bagian apa ya kak? Apakah konservasi lahan atau pengeboran atau apa? Kemudian untuk peminatan jurusan nantinya apakah akan berpengaruh kepada prospek kerjanya??

    BalasHapus