Minggu, 12 Januari 2014

Santapan Khas Menu Buka Puasa


Happy fasting kawan Faperta semuanya. Bagaimana nih puasanya? Semoga lancar yaa. Meskipun sekarang kawan faperta diselimuti banyaknya aktivitas seperti kuliah, rapat, maupun KKP, tentunya bukan menjadi penghalang kita untuk menjalankan ibadah puasa. Nah, spesial buat kawan Faperta yang masih standby di kampus tercinta IPB, kali ini FM akan mengulas makanan dan minuman yang bisa menemani kalian di buka puasa.

Pertama, ada es pisang ijo palu butung nih yang harus kamu coba untuk menjadi menu buka puasa. Minuman ini berisikan pisang yang diselimuti oleh lapisan dadar hijau. Selain itu minuman ini juga ditambahkan bubur sumsum dan ditaburi kacang diatasnya. Untuk menambah kesegaran minuman ini, ditambahkan juga dengan siraman air sirup dan susu.

Kedua, ada sop buah. Selain sayur, ternyata buah juga dapat dijadikan sop loh. Minuman ini selalu menggugah selera karena kesegaran dan warna-warni di dalamnya. Bermacam-macam buah seperti apel, melon, jambu, strawberry, dan nanas ini dicampur menjadi satu dalam segelas air sirup yang sudah ditambahkah dengan susu.

Ketiga, ada es kelapa muda. Tidak diragukan lagi kalau minuman yang satu ini menjadi santapan favorit untuk menu buka puasa. Rasa yang manis dan menyegarkan serta lembutnya daging buah kelapa muda ini sanggup untuk menghilangkan rasa dahaga kita setelah seharian berpuasa.

Keempat, ada kolak pisang. Yuup, minuman yang satu ini bisa disajikan dalam keadaan hangat maupun dingin. Meskipun begitu, minuman ini tidak mengurangi rasa manis kolak pisang tersebut. Biasanya gak cuma pisang aja yang tersedia di dalamnya, tetapi ada juga ketela dan kolang-kaling yang menjadi pelengkap unutuk menambah kenikmatan di dalam kolak pisang tersebut.

Kelima, ada jus buah. Kalau mau minuman simpel nih, kamu bisa membeli jus buah sesuai selera kamu. Ada strawberry, apel, melon, mangga, sirsak, semangka, alpukat, pear, dan masih banyak aneka buah lainnya. Gak cuma satu buah saja loh, kamu juga bisa ngemix dua buah ataupun tiga buah sesuai selera kamu.

Keenam, ada roti Maryam. Roti asal Arab ini memang sangat berbeda dari roti-roti yang lainnya. Bentuknya yang bundar dan berlapis sangat lezat untuk disantap. Biasanya roti maryam ini diberi susu kental manis, coklat, dan ditaburi oleh keju diatasnya. Tak heran kalau roti yang satu ini menjadi menu favorit dan paling banyak diminati hingga harus rela untuk mengantri membelinya.

Ketujuh, ada Nasi padang. Gak usah diragukan lagi deh soal nasi padang ini. Cocok buat menjadi santapan utama untuk buka puasa kamu. Ada ayam, ikan, rendang, sayur, tahu, tempe, telor dadar dan masih banyak pilihan lainnya. Selain rasa bumbu yang khas, nasi yang diberikan juga sangat banyak loh jadi sangat cocok buat menutupi rasa lapar setelah seharian berpuasa.

Kedelapan, ada nasi lalapan. Makanan yang satu ini sudah gak asing lagi dikalangan mahasiswa. Ada ayam, ikan lele, dan ikan bawal yang bisa diolah dengan dibakar maupun digoreng. Tidak lupa juga untuk menambah kesegaran makanan ini disediakan sayur dan timun. Pastinya yang namanya lalapan juga gak akan lengkap kalo tanpa sambal terasi. Hmmmmm lezat.

Kesembilan, ada sate ayam. Siapa sih yang gak suka sama makanan satu ini. Olahan daging ayam yang dipotong kecil-kecil dan ditusuukan ke batang lidi ini juga cocok sekali untuk dijadikan menu buka puasa. Apalagi dengan siraman bumbu kacang yang manis membuat sate ayam ini terasa begitu lezat. Apalagi saat sate ayam tersebut dibakar diatas bara api sehingga mendatangkan aroma yang khas dan membuat para pecinta sate ini gak sabar untuk menyantapnya.

Kesepuluh, ada soto. Nah, buat kamu yang ingin menyantap makanan yang hangat dan berkuah, soto adalah pilihan yang tepat. Soal rasa sudah gak diragukan lagi, apalagi jika dicampur dengan tetesan jeruk nipis yang menembah kesegaran soto ini. Soto ini memiliki banyak variasi, ada soto ayam, soto daging, soto babat, dan soto mie. Apapun jenis sotonya, pastinya akan membuat kamu merasa kenyang dan ingin mencoba lagi.

Oke deh, itulah kesepuluh macam makanan dan minuman khas buka puasa yang bisa kamu nikmatin. Untuk yang masih stay di kampus IPB, kamu bisa temukan makanan dan minuman tadi di sekeliling bara, bateng, dan balebak dengan harga yang sangat terjangkau. Selamat menikmati guys. (Faperta Magazine)

-Marita FA-


Share:

0 komentar:

Posting Komentar